Kamis, 23 Oktober 2014

Tips save file menggunakan Google Drive

Shortcut Google Drive

Hari ini adalah hari terakhir Pelatihan Aplikasi Teknologi Informasi ( PATI ) Universitas Muhammadiyah Malang. Rasanya sih pengen ikut terus pelatihan di PATI tiap hari hehe, tapi gak
diizinin sama instruktur '' yaiyalah orang periode pelatihannya hanya 5 hari" !! hahaha. Tapi gpp ya kan yang penting kan sudah dapet ilmunya selama pelatihan. Dan ini thread yang saya tulis berjudul "Tips save file menggunakan Google Drive" judul ini termasuk ilmu yang saya dapatkan di pelatihan PATI UMM. Yaudah lahh lagsung aja ya kan cekidot !!
Hampir setiap orang yang pernah menggunakan komputer, pernah mengalami hal yang sama yakni kehilangan File penting, apakah file pekerjaan kantor, tugas sekolah, ketikan skripsi, foto pernikahan, atau lagu baru hasil rekaman yang dibuat bersama-sama teman.

Hilangnya data ini pun disebabkan berbagai macam hal, dimulai dari hilangnya flash disk tempat data disimpan, Laptop/komputer mati total, CD raib entah kemana, ataupun tidak sengaja terformat dan terhapus. Apalagi jika data-data tadi sangat kita perlukan, misalkan besok harus presentase, harus seminar, harus di berikan kepada atasan, dll. Kalau sudah begitu, kepala ini rasanya pasti tidak karuan. Sebenarnya semua kehilangan file kita tadi disebabkan oleh "kelalaian" kita sendiri.
Sebaiknya jika kita ingin agar file tetap aman, simpanlah file-file tersebut ke beberapa tempat, apakah Flash disk, Laptop, CD/DVD, dan Internet. Nah, untuk yang terakhir ini, ada beberapa tempat penyimpanan file yang diberikan gratis oleh penyedia jasa internet, salah satunya adalah GOOGLE DRIVE. Dengan account google ini kita mendapatkan 15 GB gratis tempat menyimpan data, gratis membuat blog, mendaftar youtube, G+. dll.

Keuntungan menyimpan pada drive ini adalah, kita dapat membuka file dimanapun berada, dengan syarat harus ada jaringan internet, karena file ini berada di dunia maya, untuk menyimpannya kita hanya perlu membuat alamat email kita menggunakan Gmail.

 
Langsung saja kita menuju langkah penyimpanan file menggunakan google drive
1. Buka browser kemudian ketik google.

Tampilan Google

2. Kalau sudah punya akun gmail langsung saja masuk pada sudut kanan gambar diatas.
3. Kemnudian kalau sudah masuk pilih GOOGLE DRIVE seperti gambar di bawah ini


Tampilan Menu

4. Kalau sudah masuk akan ada tampilan seperti ini,


Tampilan link Pengunggahan

 5. Kemudian klik tanda panah keatas lalu pilih File

6. Setelah itu akan muncul kotak dialog untuk mengunggah file yang akan kita simpan pada google drive.
7. Kalau file sudah dipilih, kemudiak "ok" kan, maka tampilan akan seperti ini


Tampilan Pengunggahan Berlangsung

8. Selesai... Kamu sudah berhasil menyimpan data pada GOOGLE DRIVE

Demikianlah cara menggunakan google drive, kamu bisa menyimpan apapun, dan dimanapun, tanpa takut akan kehilangan data. Yang perlu diingat adalah alamat Email kamu, beserta passwordnya untuk bisa masuk ke google drive kamu.

Untuk pencegahan agar data penting kamu tidak hilang, selalu simpanlah data-data tersebut di berbagai tempat. Jadi kalau hilang masih ada penggantinya. Lebih baik menjaga dari pada mengobati bukan?. Mungkin itu saja yang bisa share ketemen-temen hehe..




Tidak ada komentar:

Posting Komentar